3 Perubahan Besar yang Akan Dilakukan Satya Nadella di Microsoft

Satya Nadella

CEO Microsoft, Satya Nadella

5 bulan sudah terlewati sejak perpindahan kekuasaan di Microsoft. Steve Ballmer, Chief Executive Officer (CEO) sebelumnya di Microsoft harus turun tahta dan digantikan oleh seorang asal India, Satya Nadella. Sampai saat ini, masih banyak yang bertanya tentang apa yang akan dilakukan seorang Satya Nadella untuk memajukan perusahaan teknologi besar yang dibangun oleh Bill Gates itu. Apa perubahan yang akan ia lakukan di sana?

Seolah menjawab hal tersebut, baru-baru ini Satya Nadella mempublikasikan sebuah memo internal untuk seluruh karyawan Microsoft. Dalam memo tersebut, ia coba menjelaskan tentang hal-hal yang ingin ia lakukan hingga masa jabatannya berakhir. Memo ini ia kirimkan untuk mengawali tahun finansial 2015, yang diramalkan akan sangat berat bagi Microsoft, dengan banyaknya tekanan dari para pesaing yang kian lama kian besar. Bagaimana strategi Nadella untuk tetap menjaga kebesaran nama Microsoft?

Fokus Lebih ke Sisi Bisnis

Dalam dunia teknologi informasi, ada 2 sisi yang selalu berjalan berdampingan, yaitu Sisi Konsumen dan Sisi Bisnis. Sisi Konsumen adalah produk teknologi yang dijual untuk orang banyak seperti smartphone, tablet, dan sebagainya. Saat ini, Apple dan Google adalah penguasa Sisi Konsumen, dan Satya Nadella pun mengakui hal tersebut. Namun, tak ada yang bisa membantah kalau setiap orang juga harus pergi ke kantor dan berhadapan dengan sebuah sistem komputer yang berbeda. Nah, sistem komputer yang ada di kantor itulah yang disebut dengan Sisi Bisnis, dan Microsoft-lah penguasanya.

Dengan ini, Satya Nadella menegaskan kalau Microsoft tidak ingin mendahulukan ego dan mencoba menyaingi Apple dan Google dengan segala macam cara. Ia sadar kalau hal tersebut bisa menjadi bumerang yang bisa menjatuhkan Microsoft, seperti yang sekarang terjadi pada Blackberry. Karena itu, Satya Nadella mengatakan dalam memo internal yang ia kirimkan kalau ia mengharapkan Microsoft untuk bisa menjadi pendorong produktivitas konsumen di dunia kerja.

Surface Pro 3

Surface Pro 3

Salah satu contoh fokus Microsoft tersebut adalah dengan dibuatnya Surface Pro 3, dengan spesifikasi yang dibuat untuk menyaingi MacBook, bukan iPad. Ini karena produk yang lebih berguna untuk mendorong produktivitas kerja adalah MacBook, bukan iPad.

Dari sisi software, Microsoft juga tidak memaksakan produk mereka untuk dipakai oleh banyak pengguna. Mereka hanya ingin memastikan kalau produk mereka ada dan berjalan baik di semua platform, bahkan di iOS dan Android. Jadi, apapun gadget yang mereka gunakan, mereka akan tetap bisa bekerja karena software buatan Microsoft tersedia di sana.

Membangkitkan Komitmen Untuk Xbox

The Big Bang Theory - Sheldon Cooper Bingung Memilih Xbox One atau PlayStation 4

The Big Bang Theory – Sheldon Cooper Bingung Memilih Xbox One atau PlayStation 4

Hal ini sebenarnya sedikit janggal, mengingat sebelumnya kita telah membahas bagaimana Satya Nadella ingin lebih fokus ke Sisi Bisnis. Sedangkan Xbox, jelas-jelas merupakan produk untuk Sisi Konsumen. Namun bila kita melihat bagaimana perkembangan Xbox mulai dari Xbox 360 hingga Xbox One, kita akan tahu kalau Xbox adalah satu-satunya produk Sisi Konsumen dari Microsoft yang bisa sukses. Saya masih ingat sebuah episode dari serial TV “The Big Bang Theory” di mana pemeran utamanya bingung untuk memilih antara PlayStation 4 dan Xbox One. Ini menandakaa kalau Xbox merupakan sebuah brand yang besar, dan sebuah kerugian kalau Microsoft menghentikan pengembangan untuknya.

Merubah Budaya Kerja di Microsoft

Masalah utama yang ada di Microsoft adalah banyaknya divisi kerja dengan lokasi yang terpisah-pisah, sehingga sering terjadi masalah ketika mereka hendak menyatukan 2 buah layanan yang berbeda. Menarik untuk kita lihat bagaimana Satya Nadella akan mengatasi masalah tersebut dengan perubahan budaya yang ia usung. Menyebarkan sebuah budaya kerja yang baik di sebuah perusahaan sebesar Microsoft, merupakan sesuatu yang sangat sulit, namun tidak mustahil.

Sumber Gambar : gamedynamo.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>