3 Contoh Pelanggaran Privasi Yang Terjadi di Internet

??????

Di era teknologi yang terus berkembang seperti sekarang, masalah privasi atau keamanan data pribadi seseorang di dunia maya terus menjadi sorotan. Hal ini sebenarnya sudah lama menjadi pembahasan, namun baru benar-benar menjadi isu yang mendunia sejak kemunculan Edward Snowden, mantan programmer yang bekerja untuk Agensi Keamanan Nasional Amerika Serikat atau National Security Agency (NSA).

Waktu itu, Snowden membocorkan informasi tentang sebuah software yang digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menyadap komunikasi setiap rakyatnya. Penduduk Amerika Serikat pun terkejut dengan informasi dari Snowden tersebut, dan sejak saat itu semua orang baru mulai sadar tentang keamanan data pribadi mereka, terutama data-data yang ada di Internet. Sebelum Edward Snowden muncul ke pemberitaan, sebuah serial televisi berjudul ‘Person of Interest’ pun telah menyiratkan tentang keberadaan software semacam itu.

Pelanggaran Terhadap Keamanan Data Pribadi

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pelanggaran privasi atau keamanan data pribadi? Ia adalah terbukanya akses terhadap data-data pribadi kita, kepada pihak-pihak tertentu yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk melihatnya. Pada tingkatan tertentu, kerugian yang ditimbulkan oleh pelanggaran semacam ini bahkan bisa lebih parah bila dibandingkan dengan pencurian uang atau perhiasan.

Sayangnya, praktek seperti ini sebenarnya biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, tanpa kita sadari. Setiap kita pergi ke lokasi tertentu dan melakukan panggilan telepon, si provider akan merekam kapan, di mana, dan kepada siapa kita melakukan panggilan. Ketika kita membuka suatu jejaring sosial, setiap aktivitas kita direkam secara otomatis. Jika kita mengirim surat lewat e-mail, isinya bisa langsung direkam oleh penyedia layanan email tersebut.

Iklan yang Memanfaatkan Hasil Sadapan

Salah satu bukti dari direkamnya setiap aktivitas kita oleh sebuah provider telepon, adalah munculnya sebuah pesan berisi iklan yang biasa disebut Location-Based Messaging. Pesan tersebut akan terkirim kepada kita jika kita berada di suatu tempat tertentu. Padahal, apakah kita pernah menyetujui suatu perjanjian dengan sang provider dan memperbolehkan mereka merekam setiap aktivitas kita?

Tidak Ada yang Namanya Aplikasi Gratis

Sebelum membahas tentang jejaring sosial yang merekam setiap aktivitas kita, kita harus terlebih dahulu memahami kalau tidak ada yang namanya aplikasi yang gratis. Jika kita tidak membayar sejumlah uang untuk menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain, maka itu artinya kita harus membayar dengan hal lain, yaitu data pribadi dan aktivitas kita. Masih untung kalau mereka hanya menampilkan iklan setiap kita mengakses layanan mereka, karena dalam beberapa kasus ada juga jejaring sosial yang menjual data-data pribadi dan statistik aktivitas kita di jejaring sosial tersebut kepada pihak lain yang sebenarnya tidak berhak mengetahuinya.

Microsoft dan Scroogle

Scroogled

Bagaimana dengan email yang direkam oleh sang penyedia layanan, apakah benar ada? Yup, Google melakukannya dengan layanan Gmail mereka. Selama ini, Microsoft terus berusaha membuka mata masyarakat tentang apa yang dilakukan oleh Google ini dengan kampanye ‘Don’t Get Scroogled’.

Lalu Apa Yang Bisa Kita Lakukan?

Hal-hal di atas mungkin merugikan kita, namun seringkali kita tidak bisa menghindar karena pilihannya adalah menerima perlakuan tersebut, atau berhenti menggunakan layanan tersebut. Ketika cara kedua tidak bisa kita lakukan karena tuntutan pekerjaan dan pergaulan, maka ada baiknya kita lebih selektif dalam memilih data yang akan kita simpan di internet.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>