10 Momen Terbesar 2015 Berdasarkan Hasil Pencarian Google

Tahun 2015 akan segera meninggalkan kita semua. Banyak peristiwa yang menyertai di dalamnya. Dengan segala kemudahan dan kecepatan internet yang telah hadir di sekitar kita, dunia seakan-akan tidak lagi bulat namun datar saja. Peristiwa yang ribuan mil jauhnya dari kediaman kita bisa dalam hitungan detik kita ketahui.

 

Nah untuk menandai berakhirnya tahun 2015 ini kami akan memberikan 10 peristiwa yang menyita perhatian masyarakat dunia maya. Informasi yang disajikan diambil dari tren pencarian global yang dicatat oleh mesin pencari Google.

10.Hitam dan Biru atau Putih dan Emas? (73 juta pencarian , Februari)

 

Yep! Fenomena yang memancing perdebatan pada bulan Februari ini adalah tentang warna apakah sebenarnya dari sebuah gaun. Perdebatan ini diabadikan oleh beberapa tagar di antaranya #thedress, #whiteandgold, dan #blackandblue dan terdapat lebih dari 10 juta kicauan yang menyinggung gaun tersebut hanya dalam seminggu sejak pertama kali meledak di Tumblr.

 

Awal mulanya adalah seminggu sebelum pasangan dari Skotlandia Grace dan Keir Johnston menikah, ibu dari Grace mengambil foto gaun yang akan dikenakan oleh Grace. Antara Grace, Keir dan orang tua Grace muncul ketidaksepakatan tentang warna gaun tersebut dan mereka mengirimkannya ke Facebook yang memancing perdebatan di antara teman-teman mereka.

 

 

Pada hari pernikahan mereka,salah seorang kawan mempelai yang juga menjadi penampil pada acara pernikahan tersebut ,Caitlin McNeill melihat langsung gaun yang menjadi biang keladi . Caitlin dan kawan-kawannya yang mempunyai band bernama Canach hampir gagal naik panggung karena sibuk mendebatkan gaun tersebut. Beberapa hari setelah pernikahan, tepatnya 26 Februari , McNeill mengirimkan ulang foto gaun tersebut ke Tumblr dan dari sana gaun tersebut menjadi viral.

9.Gempa Bumi di Nepal(85 juta pencarian, April)

 

Pada tanggal 25 April 2015 jam 11.56 waktu setempat, Nepal diguncang gempa berkekuatan 7.9 Skala Richter. Gempa yang menelan korban sedikitnya 9000 jiwa dan mencederai lebih dari 23000 jiwa ini adalah yang terburuk menyerang Nepal sejak tahun 1934.

 

Pencarian tentang gempa Nepal adalah kedua terbesar sepanjang sejarah, hanya dikalahkan oleh pencarian gempa Tohoku yang terjadi pada tahun 2011.

8.Ratu Elizabeth, Ratu Paling Lama Menjabat (100 juta pencarian , September)

Ratu Elizabeth II yang pada tahun 2015 genap berusia 89 tahun, menjadi ratu yang paling lama menjabat sepanjang sejarah dunia dan kerajaan Inggris Raya. Elizabeth II diangkat menjadi ratu pada 2 Juni 1953.

 

Di keluarga kerajaan Inggris, pada tahun 2015 bukan hanya Ratu Elizabeth II yang menarik perhatian. Menantu cucu beliau, Kate Middleton adalah anggota keluarga kerajaan yang paling dicari sepanjang tahun 2015. Kate dan suaminya William saat ini telah dikarunia sepasang putra dan putri.

7.Piala Dunia Wanita (113 juta pencarian, Juni-Juli)

 

Alex Morgan, pemain Amerika Serikat

Piala Dunia Wanita, yang memasuki pergelaran ketujuhnya pada tahun 2015 ikut mewarnai dunia maya. Kompetisi yang digelar di Kanada ini melahirkan Amerika Serikat sebagai juara setelah di final mengalahkan Jepang dengan skor cukup telak 5-2.

 

Salah satu aspek menarik dari kompetisi ini adalah pelaksanaannya yang menggunakan rumput sintetis.

 

Pemain-pemain tim Amerika Serikat menduduki 4 dari 5 urutan teratas pemain yang paling dicari semenjak kompetisi memasuki babak perempat final.

6.Legenda yang Tutup Usia (123 juta pencarian, Februari)

Tahun 2015 seperti tahun-tahun sebelumnya juga diwarnai oleh tutup usia para bintang yang mewarnai perjalanan dunia.

 

Di antara nama-nama yang mencuri perhatian adalah Leonard Nimoy, Oliver Sacks dan Bess Myerson.

 

Leonard Nimoy adalah pemeran Spock di film Star Trek yang melegenda dengan salam Vulcannya.

 

Oliver Sacks adalah seorang penulis,dokter, dan ahli saraf dari Inggris. Salah satu video Oliver Sacks yang populer berasal dari kanal Big Think yang berjudul ‘Oliver Sacks on Humans and Myth Making’

 

5.Star Wars (155 juta pencarian, Desember)

Film terbaru dari rangkaian cerita sains fiksi Star Wars berjudul The Force Awakens ini adalah tren yang paling terakhir muncul pada tahun 2015. Film yang disutradarai oleh sutradara kawakan JJ Abrams ini telah menjadi begitu populer sehingga di dunia maya muncul meme yang mengatakan bahwa hanya ada 1 persen penduduk dunia yang belum menonton film Star Wars terdahulu.

 

Filmnya sendiri berhasil memecahkan berbagai rekor sejak pemutaran perdananya pada tanggal 18 Desember silam.

4.Piala Dunia Rugbi (246 juta pencarian, September – Oktober 2015)

 

Olahraga rugbi memang kurang populer di tanah air , namun tidak demikian halnya di luar negeri. Setidaknya di 20 negara yang ikut berlaga di kejuaraan yang diadakan oleh Inggris tersebut. Kejuaraan yang berlangsung selama 44 hari tersebut dimenangkan oleh Selandia Baru yang di final mengalahkan negara tetangganya Australia.

3.Piala Dunia Kriket (323 juta pencarian, Februari-Maret)

Setelah rugbi, kriket menjadi olahraga yang kurang diminati di Indonesia namun populer di dunia. Kejuaraan ini diadakan oleh tuan rumah kembar Australia dan Selandia Baru dan pertandingan finalnya diadakan di Melbourne, Australia. Di final, tuan rumah Australia mengalahkan tuan rumah lainnya Selandia Baru sekaligus mentahbiskan dirinya menjadi tim dengan gelar terbanyak sampai saat ini dengan raihan 5 trofi.

2.Oscar 2015 (406 juta pencarian, Februari)

Academy Awards atau sering juga disebut Piala Oscar adalah salah satu ajang bergengsi penghargaan kepada insan perfilman di dunia.

 

Pemenang tahun 2015 jatuh kepada Birdman untuk kategori film terbaik, Eddie Redmayne sebagai aktor terbaik dan Julianne Moore sebagai aktris terbaik.

Uniknya, pada setiap kategori, adalah nomine lainnya yang paling banyak dicari di dunia maya. Berturut-turut American Sniper, Reese Witherspoon, dan Bradley Cooper adalah yang paling banyak dicari untuk kategori film, aktris, dan aktor terbaik.

 

1.Serangan Teror di Paris (897 juta pencarian, November)

Pada bulan November silam, Paris dikejutkan dengan serangkaian serangan bersenjata dan bom bunuh diri yang terjadi di enam titik di seantero kota. Rangkaian serangan yang didalangi oleh Daesh tersebut menelan korban 130 jiwa dan 7 orang pelaku serangan ikut tewas.

 

Buntut dari serangan ini di antarana adalah dibatalkannya pertandingan persahabatan antara Belanda melawan Jerman dan Spanyol melawan Belgia.

 Demikian 10 momen paling ramai sepanjang tahun 2015 menurut hasil pencarian Google. Momen apa yang paling menarik menurut anda?

 

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>