10 Hal Menarik Tentang Tim Cook

 Tim Cook

Sebuah buku yang berjudul “Haunted Empire: Apple After Steve Jobs” tiba-tiba hadir di tengah kita, dan mengeluarkan cerita yang sedikit mengejutkan. Yukari Iwatani Kane, sang penulis buku, menceritakan bagaimana Tim Cook berselisih dengan Steve Jobs, dan akhirnya ia mengambil tampuk kepemimpinan Apple yang ‘kebetulan’ diikuti dengan menurunnya kesehatan Steve Jobs.

Tak ada yang salah dengan hal itu, dan Iwatani Kane pun menulis kalau apabila Steve Jobs adalah seorang aktor, maka Tim Cook adalah sutradara di balik layar yang mengeluarkan aura bintang sang aktor. Mereka berdua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan sepeninggal Steve Jobs, masyarakat benar-benar percaya pada Tim Cook, yang ditandai dengan tingginya harga saham Apple pada waktu itu. Tapi baru-baru ini Tim Cook mengkritik buku tersebut dan mengatakan kalau buku itu adalah omong kosong dan sang penulis gagal dalam mengenali Apple, Steve Jobs, dan semua orang di perusahaan tersebut. Apa maksudnya? Entahlah.

Yang pasti, tidak ada yang meragukan betapa cintanya Tim Cook kepada Apple. Ia merupakan sosok yang seperti mesin; tenang, penuh pertimbangan, dan tak henti memikirkan perusahaan. Mungkin ada baiknya kita mengetahui hal-hal menarik tentang CEO Apple ini.

1.

Di masa remaja, Tim Cook bekerja sebagai tukang koran di Alabama, dan mendistribusikan koran The Press Register. Ia pun bekerja paruh waktu bersama ibunya di sebuah apotek.

2.

Saat masih kuliah di Auburn University, ia telah mendapat tugas untuk memimpin sebuah perusahaan. Pimpinan perusahaan yang bernama Reynolds Aluminium mengangkat Tim Cook sebagai tangan kanannya.

3.

Cook ingin menjadi seorang insinyur, dan mengambil jurusan teknik industri saat kuliah. Dosennya waktu itu menganggap Tim Cook sebagai murid yang pintar.

4.

Sejak pertama kali bekerja di Apple, ia telah meminta sebuah ruangan yang dekat dengan ruangan Steve Jobs. Hal itu menandai ambisi Tim Cook untuk menjadi pimpinan di perusahaan tersebut kelak.

5.

Tim Cook menyebut dirinya sendiri Attila The Hun dalam bidang penemuan hal baru.

6.

Selama bertahun-tahun, Tim Cook telah didekati untuk menjadi CEO di perusahaan-perusahaan besar seperti Dell dan Motorola. Ia selalu menolak.

7.

Tim Cook terbiasa menggali rencana kerja dengan staff-nya sedalam mungkin. Dan itu ia lakukan dengan gaya yang santai.

8.

Tim Cook selalu menelepon ibunya setiap minggu, di mana pun ia berada di pelosok bumi ini. Dan orang tuanya tidak bisa menggunakan komputer.

9.

Tim Cook adalah sosok yang pelit dalam urusan pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Ia terbiasa menyewa kamar yang tidak ber-AC karena murah.

10.

Walaupun Tim Cook sering terlihat makan bersama di cafetaria dengan karyawan lain, ia selalu berolahraga di tempat yang berbeda dengan karyawan-karyawannya, demi menjaga integritas.

Dan dari interview dengan Tim Cook di sebuah majalah, ia mengatakan kalau ia tidak takut akan jatuh dari posisinya yang sekarang. Menurutnya hidup harus terus dilanjutkan di mana pun posisi anda sekarang. Belajar sesuatu dari orang nomor 1 di Apple ini?

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>