1 Milyar Dollar Untuk Kickstarter

Kickstarter 1 Billion

Bila anda membuka halaman ini, maka anda telah menjadi saksi sebuah momen penting yang baru saja dilalui oleh website crowdfunding nomor 1 di dunia, Kickstarter. Dengan 5,7 Juta orang yang berada di baliknya, baik sebagai pemberi maupun penerima funding, startup yang belum genap berusia 5 tahun itu telah mencetak angka fantastis, 1 Milyar Dollar.

Bermula pada tanggal 28 April 2009, trio Perry Chen, Yancey Strickler, dan Charles Adler memulai Kickstarter sebagai sebuah layanan crowdfunding. Di hari kemunculannya, 40 orang langsung berkumpul di sana dan menghasilkan dana segar sebesar 1.084 Dollar untuk 7 proyek. Kini, telah ada lebih dari 50.000 proyek yang berhasil berkat adanya Kickstarter, kebanyakan di antaranya adalah proyek pembuatan film indie dan game.

66% uang yang berputar di Kickstarter berasal dari negara tempat mereka berasal, Amerika Serikat. Kemudian diikuti oleh para pengguna yang berasal dari Eropa dan Asia. Bila dihitung, total kontributor Kickstarter tersebar di 224 negara di dunia. Dan seorang penulis fiksi terkenal, Neil Gaiman, adalah salah satu orang terkenal yang mendukung Kickstarter dan proyek-proyek di dalamnya. Ia pun meraih penghargaan sebagai pengguna “paling berpengaruh” di Kickstarter.

Kickstarter 1 Billion A

Dengan ‘hanya’ mengambil 5% dari proyek-proyek yang berhasil diselesaikan, Kickstarter pun diperkirakan telah mendapatkan dana sebesar 43 Juta Dollar sejak mereka terlahir ke dunia. Bila mereka terus membuka pasar crowdfunding ke lebih banyak negara, perkembangan keuntungan mereka pasti akan melonjak tajam. Namun mereka tetap harus mewaspadai pesaing-pesaing mereka yang juga sudah mulai berkembang pesat seperti IndieGoGo, JOBS Act, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri, konsep crowdfunding juga sudah mulai digemari. Bermula dengan munculnya website-website crowdfunding seperti KitaBisa.co.id, Patungan.net, atau Wujudkan.com. Website terakhir bahkan menjadi jalan bagi pembuat film berbakat, Riri Riza dan Mira Lesmana untuk membuat film Atambua 39 Celsius.

Sumber Gambar : techcrunch.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>